Senin, 14 Mei 2012

Tips memasak biar masak sarapan menjadi menyenangkan

Setiap orangtua tahu pentingnya sarapan bagi keluarganya. Sayangnya, berbagai kesibukan yang dihadapi setiap pagi tak jarang membuat sarapan  hanya menjadi sebuah kewajiban. Padahal sarapan sebenarnya bisa menjadi perekat hubungan keluarga, terutama anak dan orangtua, sekaligus sebagai tahapan awal pemenuhan gizi seimbang pada anak untuk memulai harinya. Untuk membuat kegiatan sarapan menjadi momen menyenangkan bagi keluarga, ini yang bisa Anda lakukan:
1. Buat sarapan menjadi kebiasaan, dan beri waktu khusus
Nancy Tringali Piho, penulis buku My Two-Year-Old Eats Octopus: Raising Children Who Love to Eat Everything mengatakan, menyediakan waktu untuk sarapan adalah sebuah komitmen. Ia percaya bahwa sarapan lebih dari sekadar mendapatkan nutrisi dari makanan.

"Saya menyisihkan waktu 30 menit untuk membuat sarapan dan makan siang yang sehat untuk anak, kemudian duduk bersama anak-anak untuk sarapan bersama mereka. Kuncinya adalah menjadwalkan waktu sekadar untuk sarapan sehat bersama. Makan bersama sebagai sebuah keluarga adalah kunci untuk menjaga jalur komunikasi agar tetap terbuka dan mengajari anak untuk belajar makan makanan yang sehat," ungkapnya.

2. Masaklah sendiri malam sebelumnya
Memasak sarapan di pagi hari memang merepotkan. Agar lebih praktis, sebaiknya siapkan makanan untuk sarapan ini paling tidak malam hari sebelumnya. Buatlah rencana sarapan untuk esok hari, lalu masaklah setengah matang. Campur semua bahan dan simpan di dalam lemari es, sehingga pada pagi hari Anda tinggal menghangatkan atau mematangkannya. Siapkan saja beberapa jenis makanan yang cepat disajikan dan dimasak seperti pancake atau nasi goreng. Yang paling penting Anda membuatnya sendiri sehingga bisa menjaga kandungan gizi dalam makanan tersebut.

3. Kerjasama dengan pasangan
Untuk meringankan pekerjaan Anda di pagi hari, tak ada salahnya meminta bantuan dari pasangan agar pekerjaan ini lebih mudah dan lebih cepat selesai. Dengan sedikit bantuan di pagi hari, pekerjaan tak hanya akan cepat selesai namun juga kerjasama Anda dan pasangan makin terbangun. Setelah tugas memasak ini selesai, seluruh keluarga bisa menikmatinya bersama-sama.

4. Ajarkan anak-anak memasak
Memasak sebenarnya bisa jadi kebiasaan dan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Saat akhir pekan, tak ada salahnya mengajarkan anak-anak memasak berbagai makanan yang praktis dan mudah. Hal ini akan berguna jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan anak-anak untuk menyiapkan sarapan di saat Anda sedang terburu-buru. Hal ini juga akan membuat anak-anak memiliki tanggung jawab dan kepekaan untuk bisa membantu orangtuanya.

5. Nikmati saat sarapan
Kesibukan dan rasa terburu-buru tak jarang mengorbankan waktu menyenangkan Anda bersama anak-anak. Seringkali pula Anda menjadi kurang menikmati saat-saat atau momen sarapan. Luangkan waktu lebih untuk menikmati saat-saat berharga Anda dan keluarga saat sarapan, misalnya dengan bangun lebih pagi agar Anda tak terburu-buru untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Momen sarapan bisa menjadi penyemangat hari Anda karena Anda bisa berbagi cerita dan pengalaman dengan keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.