Jumat, 25 Mei 2012

Tips merawat badan agar tidak bungkuk

Postur macam ini juga membuat anda rentan cedera. Tulang belakang berfungsi sebagai penahan kejut bagi tubuh. Membiarkannya bengkuk bida menyebabkan ketidaseimbangan. Alhasil, otot dan ligamen leher, pundak, punggung, dan kaki yang kena batunya. Inilah mengapa orang yang tak berdiri tegak lebih mudah cedera.

Membungkuk juga berdampak pada kesehatan. Studi University Of Leeds, 2007, menemukan korelasi antara otot leher dan bagian dari otak yang mengatur tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, organ-organ internal juga bisa menekan paru-paru.

Untuk mengatasinya, kami berikan beberapa langkah agar tubuh anda kembali lurus. Tambahka gerakan ini dalam rutinitas olahraga anda 3 kali sepekan. Kalau anda bugar dan tualng belakang kembali pada posisinya hanya dalam 6 pekan. Berikut ini langkah-langkahnya:
Ø Pilates
Dua manfaat Pilates menguatkan perut shingga mampu menyokong otottubuh bagian belakang, mengangkat dan memanjangkan tubuh baigan atas. Banyak orang merasa bertambah beberapa cm lebih tinggi setelah mengikuti kelas Pilates. Padahal sebenarnya, anda namya mengembalikan ruang kosong pada tualng belakang.

Caranya: Tidur tellungkup di atas matras dengan kedua kaki dan tangan diluruskan, membentuk huruf X. Tarik perut , lemaskan pundak, tarik seraya mengangkat tangan dan kaki dari lantai, pastikan kaki tak lebih tinggi daripada tangan. Embuskan napas, tekuk sikut ke arah pinggang dan angkat kedua kaki bersamaan. Ualngi 6-8 kali

Ø Balet
Seorang balerina diajarkan untuk menarik perutnya ke dalm dan selalu berpostur tegak, ini membuat tuang belakang ikut terangkat. Untuk bisa mendapatkan tubuh tegak lurus sperti itu, anda tak harus menekuni balet.

Ø Yoga
Berdiri dengan kedua kaki dilebarkan selebar-lebarnya. Tekuk kaki kirisekitar 90 derajat. Rentangkan tangan, angkat lengan kanan melewati kepala, lengan kiri menyentuh latai. Wajah menghadap ke atas, ambil napas 5 kali. Kembali ke posisi semula, ualngi dengan kaki kanan. Lakukan 3-5 kali.

Ø Teknik Alexander
Teknik Alexander ini marak dilakukan slebritis, dunia untuk membetulkan kebiasaan buruk membungkuk. Initi gerkanannya adalah mengembalikan tubuh ke posisi naturalnlya yang seringkali tertutup otot yang menegang. Nah, ketika otot melemas, berdiri tegak terada lebih mudah.
Pada teknik ini membutuhkan bantuan Swiss Ball. Berlutut dengan kedua tangan memegang bola di depan kepala. Sementara posisi leher sejajar dengan tualng belakang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.