Senin, 28 Mei 2012

Duduk terlalu lama membuat bokong anda menjadi lebar

Para ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitian menyebutkan , terlalu lama duduk dapat menyebabkan bokong Anda semakin melebar.
Pada penelitian sebelumnya, para peneliti telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa tekanan pada area tubuh yang digunakan untuk duduk dapat memproduksi lemak hingga 50 persen. Hal inilah yang menyebabkan ukuran bokong Anda berubah bentuk dan terus semakin membesar.

Penelitian ini juga menjelaskan mengapa kebiasaan duduk santai di atas sofa sambil ngemil makanan kecil dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Apalagi bila dikombinasikan dengan jarangnya olahraga.

Bahkan menurut peneliti, orang-orang dengan diet sehat dan rutin berolahraga akan terpengaruh jika mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk santai.

Para peneliti menjelaskan bahwa sel presdiposit -sel awal untuk menjadi sel lemak- di bokong yang tak mendapatkan peregangan dalam jangka waktu lama dapat berubah menjadi sel lemak. Semakin lama terus semakin bertambah bila tak dilakukan peregangan.

"Kegemukan lebih dari sekedar ketidakseimbangan kalori. Sel lemak tersebut juga responsif terhadap lingkungan mekanik mereka. Sel lemak memproduksi trigliserida lebih (bentuk utama dari lemak yang tersimpan dalam tubuh), dan akan semakin banyak saat tubuh mendapat tekanan," ungkap Professor Amit Gefen dari Tel Aviv University.

Professor Gefen juga mengamati proses pembentukan sel-sel lemak tubuh pada beberapa penderita kelumpuhan akibat kerusakan saraf tulang belakang, dimana biasanya mereka hanya bisa duduk di kursi roda atau berbaring sepanjang hari.

Melalui pengamatan dengan scan MRI, jaringan otot pasien lumpuh karena cedera tulang belakang, disadari peneliti, dari waktu ke waktu, sel-sel lemak dapat menyerang otot-otot utama dalam tubuh. Sel-sel lemak juga lebih cepat terbentuk pada bagian tubuh yang mendapat tekanan terus menerus, terutama bokong.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology juga menghimbau untuk melakukan jalan-jalan santai di kantor, atau lakukan selingan aktivitas berdiri demi menjaga ukuran ideal bokong Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.