Minggu, 27 Mei 2012

Inilah 8 ritual pernikahan unik dan aneh di berbagai Negara

Pernikahan memang menjadi sesuatu yang sakral, terutama apabila ditambah dengan ritual-ritual yang dilakukan sesuai adat. Namun tak hanya sakral, ritual-ritual yang dilakukan saat ada pernikahan juga menjadi suatu informasi yang menarik. Tak jarang ritual tersebut mengundang turis asing untuk datang ke sebuah negara demi melihat sendiri ritual unik tersebut. 

Dan inilah 8 ritual unik pernikahan yang unik sekaligus aneh seperti dikutip dari SheKnows. 

Kalimantan Utara
Apabila bulan madu adalah rangkaian malam yang indah dan romantis, bayangan Anda akan segera buyar dan digantikan dengan mata terbelalak keheranan. Di Kalimantan Utara, tepatnya suku Tidong, ada ritual unik sekaligus aneh yang harus dilakoni oleh para pengantin. 

Selama tiga hari tiga malam setelah hari pernikahan mereka, pasangan pengantin dilarang menggunakan kamar mandi. Ritual ini menjadi sebuah peraturan yang WAJIB diikuti pasangan pengantin. Bahkan, untuk menghindari kecurangan, para anggota keluarga bergantian menjaga kamar mandi dan mengusir pengantin yang ingin berbuat 'nakal' menggunakan kamar mandi. 

Dipercaya oleh suku tersebut, ritual tersebut akan membawa usia panjang dan kehidupan yang bahagia bagi anak dan keturunan pasangan pengantin. 

Bisa dibayangkan bagaimana mereka harus menahan aktivitas di kamar mandi selama tiga hari tiga malam, kan? Ewww...

Ukraina
Konon, salah satu pasangan bisa saja tertarik pada mak comblang saat hubungannya berada dalam masalah. Nah, untuk menghindari hal ini, masyarakat di Ukraina punya sebuah ritual unik yang dipercaya akan menjauhkan para pasangan pengantin dari hal tersebut. 

Caranya adalah dengan membakar patung mak comblang dalam upacara pernikahan, yang artinya membakar juga semua hubungan asmara atau ketertarikan yang mungkin saja terjadi dengan pasangan pengantin. Haha... ngeri juga ritual ini ya.

Skotlandia
Dan jangan membayangkan sebuah pesta bujangan yang manis dikelilingi senyuman dari calon pengantin apabila Anda menikah di Skotlandia. Karena pada malam pesta bujangan, calon pengantin wanita akan diikat dan disiram dengan susu basi, ikan yang sudah busuk, makanan yang basi, sisa oli, bulu binatang, dan apapun yang busuk dan berasal dari tempat sampah. Yuck! Ternyata ritualnya jauh lebih kejam ketimbang ceplokan telur dan baluran tepung. 

Tak hanya berhenti di situ, ritual kemudian dilanjutkan dengan membuat calon pengantin mabuk alkohol. Kabarnya, tradisi ini dilakukan sebagai persiapan bahwa kelak setelah menikah, kehidupan akan jauh lebih pedih dan memuakkan. Sehingga pengantin harus menyiapkan diri untuk menghadapi setiap kejadian itu. 

Tahiti
Di Tahiti, tampaknya pengantin wanita memang dilarang mengenakan high heels. Pasalnya, setelah upacara pernikahan, mereka akan berjalan di atas tubuh para sahabat dan sanak keluarganya menuju kamar pengantin. Di sana, tradisi ini disebut dengan 'karpet manusia'. 

Afrika Selatan
Keluarga dalam bayangan kita pada umumnya saling bercengkerama dan berbincang hal-hal menyenangkan. Namun ritual ini dilakukan berbeda di Afrika Selatan, saat pernikahan digelar. Tak ada keramahan dan perbincangan manis di sana. Justru yang dilakukan masing-masing pihak keluarga adalah saling ejek dan saling hina. Anda mungkin mengira mereka sedang bertengkar, tetapi mereka tak sedang bertengkar, mereka hanya melangsungkan ritual pernikahan. Dan, yaa.... pernikahan tetap berjalan. 

China
Apakah Anda adalah sosok yang mudah tersentuh dan terharu serta menangis di hari pernikahan? Beruntunglah Anda, karena menurut ritual di China, pengantin wanita diwajibkan menangis selama sebulan sejak hari H pernikahannya. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan festival menangis yang dihadiri oleh nenek, ibu, bibi, adik, kakak, dan seluruh wanita yang ada di keluarganya. Dan di hari H pernikahannya, sang pengantin wanita akan menyanyikan lagi sedih yang mengharu biru. 

India
Percaya akan takhayul? Hmmm... percaya atau tidak, masyarakat di India masih sangat memegang hal-hal yang berhubungan dengan 'alam lain' dan benar-benar melakukan ritual yang dipercaya dapat membawa keselamatan bagi mereka. Dan, di sana, wanita India yang terlahir dengan gingsul harus menikahi hewan (biasanya anjing atau kambing) untuk menangkal nasib buruk yang dapat terjadi padanya. 

Mauritania
Tak ada gym dan personal trainer di Mauritania. Seluruh pengantin wanita diwajibkan memiliki tubuh yang gemuk. Maksudnya, benar-benar gemuk! Semakin gemuk seorang wanita, semakin dianggap cantik oleh para pria Mauritania. 

Ya, tepat seperti bayangan Anda, perut yang besar, lengan yang menggelambir, bekas stretch marks, adalah ciri-ciri wanita cantik versi Mauritania. Big is really beautiful!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.