Minggu, 27 Mei 2012

Tips meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Untuk mendapatkan keturunan tidak melulu wanita yang harus bertanggungjawab terhadap kesuburannya, karena banyak pria pun yang mengalami infertilitas. Sebuah studi menunjukkan masalah kesuburan pasangan 40 persen karena faktor perempuan, 40 persen karena faktor pria dan 20 persen lagi kombinasi masalah pada pria dan wanita.
Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

1.      Stop Cemas dan Depresi
Relaks dan menjaga agar tidak stres merupakan dukungan yang paling kuat untuk meningkatkan kesuburan baik itu pria maupun wanita. Oleh karena itu butuh penanganan yang tepat terhadap depresi anda.

2.      Hindari Kafein dan Alkohol
Minum lebih dari 300 miligram kafein dapat mengurangi kesuburan 27 persen, menurut  American Pregnancy Association. 16 ons (grande) gelas kopi mengandung 259 miligram sampai 400 miligram kafein. Begitu juga halnya dengan alcohol, Alkohol berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas sperma, mengurangi produksi testosteron dan mempunyai kontribusi pada disfungsi ereksi

3.      Hindari Materi Beracun
Hindari kontak dengan racun kimia dan hindari menghirup bau dari zat kimia seperti pestisida, herbisida, cat, pernis kayu, lem, dan logam berat.

4.      Hindari Kedelai
Menghindari makanan berbahan kedelai mungkin membantu kesempatan Anda mendapatkan reproduksi yang sehat dan cepat. Kedelai fitoestrogen adalah hormon pengganggu yang kuat, kata Sally Fallon dalam bukunya “Nourishing Traditions.

5.      Menjaga Berat Badan Ideal
Salah satu cara yang paling penting untuk meningkatkan kesuburan adalah melakukan diet yang tepat. Diet disini berarti makan dengan benar. Kebutuhan nutrisi, mineral dan vitamin yang membantu mengatur hormon tubuh dan memelihara sistem reproduksi harus terpenuhi tanpa harus makan berlebih. Menjaga berat badan yang sehat sangat penting karena fakta yang ada, tubuh kurus atau gemuk punya tingkat ketidakseimbangan lemak yang akhirnya berpengaruh buruk pada produksi hormon seks.

6.      Olahraga Teratur
Lakukan olahraga secara teratur, meskipun hanya berjalan selama 30 menit. Berjalan setengah jam akan membantu Anda terhindar dari masalah serangan jantung dan diabetes, penyakit yang mungkin berdampak pada kesuburan dan penyebab komplikasi selama kehamilan.

7.      Bergerak Sehari hari
Melakukan latihan dalam sehari-hari dapat membantu proses fertilisasi. Latihan yang cukup menunjukkan peningkatkan fungsi tubuh, termasuk reproduksi, menurut Dr. Jeffrey Keenan  Southeastern Center for Fertility and Reproductive Surger

8.      Waktu Yang Tepat
Ini khusus wanita, cara lain yang efektif untuk meningkatkan kesuburan secara alami adalah mengetahui kapan masa subur perempuan. Waktu yang tepat adalah selama hari-hari menjelang ovulasi dan pada hari ovulasi. Jadi penting untuk mengetahui saat ovulasi.

9.      Hindari Suhu Panas
Khusus pria, sebaiknya hindari suhu panas, sebab untuk memproduksi sperma sehat, suhu testis harus lebih dingin dari suhu normal tubuh. Untuk itulah mengapa buah zakar yang di dalamnya terdapat testis diciptakan menggantung di luar tubuh. Untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas sperma, hindari sauna/mandi uap atau berendam air panas.

10.  Stop Merokok
Lebih dari 100 studi penelitian yang dilakukan konsisten mengaitkan aktivitas merokok dengan menurunnya kesuburan dan meningkatnya risiko bayi lahir sebelum waktunya atau dengan berat badan rendah, ujar Dr. David Adamson, seorang endokrinolog reproduksi Advanced Reproductive Care di Palo Alto, California.

11.  Konsumsi Menu Seimbang
Untuk meningkatkan kesuburan anda dianjurkan mengonsumsi makanan sehat, kacang-kacangan segar, buncis, buah segar, minyak zaitun, daging dan ikan, misalnya salmon yang kaya asam lemak omega 3. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega 3 karena mendorong kesuburan, karena kandungan lemak esensial dibutuhkan untuk keseimbangan hormon dan fungsi sel yang sehat.

12.  Pastikan tidur dan berjemur pagi secara rutin
Kurang tidur dapat mendorong ketidakseimbangan hormon yang alhirnya menurunkan kesuburan anda. Direkomendasikan agar menjaga waktu tidur dan bangun secara konsisten selama tujuh hari dalam satu minggu, berjemur pagi selama satu jam setiap hari, dan gunakan cahaya yang tidak terlalu terang ketika sore tiba, hal ini berdasarkan tulisan di “Stay Fertile Longer” yang di buat oleh Mary Kittel dan Dr. Deborah Metzger.

13.  Tetap selalu berpikiran optimis dan berdo’a

Makanan untuk meningkatkan kesuburan

·        Konsumsi makanan yang banyak mengandung vit. c dan antioksidan. Nutrisi ini bisa membantu mencegah sperma yang cacat dan meningkatkan motilitas ( gerakan dari sperma), sebaiknya konsumsi jus jeruk yang mengandung 124 miligram vit. C dan minimal 90 miligram tiap harinya. tapi jika anda merokok, konsumsi 125 miligram vitamin C.

·    Memenuhi kandungan asam folat. Pria dengan kadar vitamin B yang rendah bisa menurunkan jumlah sperma. konsumsi asam folat setidaknya 400 miligram setiap harinya. Untuk mengkonsumsinya bisa didapatkan dari sereal, sayuran hijau, kacang polong dan jus jeruk.

·        Meningkatkan asupan kalsium dan vit. D. kesuburan seorang pria juga tidak jauh dari asupan vitamin D yang bisa didapatkan dari ikan salmon dan susu, sedangkan untuk asupan kalsium bisa dari skim milk.

·        Asam lemak esensial. Dapat diperoleh misalnya dari alpukat, minyak ikan omega-3, selai kacang, minyak zaitun, dll.

·        Zinc. Sangat penting dalam meningkatkan jumlah sperma. Sumber terbaik adalah ikan, daging dan telur, namun sayangnya asupan harian sering tidak mencukupi. Anda bisa menambahkan suplementasi Zinc yang didesain berikatan dengan Magnesium dalam ikatan kimia aspartat (ZMA = Zinc and Magnesium Aspartate).

UNTUK WANITA

Daging merah. Kandungan zat besi dalam daging merah amat mampu menurunkan risiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi. Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah juga mengurangi ancaman anemia. Daging merah juga mendukung ovulasi dan efisien mempertahankan pembelahan sel.

Kacang. Kacang almond bisa menjadi solusi kemandulan yang sangat lezat. Kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi yang mampu meningkatkan gairah seks wanita, sementara secara bersamaan bisa melindungi embrio dari keguguran.
          
Tiram. Memakan tiram mungkin terlihat tidak menarik bagi sebagian orang, tetapi mereka yang ingin meningkatkan kesuburan tentu harus berselera. Tiram mengandung zat besi yang amat penting bagi kesehatan ovulasi dan produksi sel telur yang stabil. Selain tiram, zat besi juga terkandung dalam telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kentang panggang. Kentang panggang mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Ini sempurna untuk semangat bercinta. Kandungan vitamin B dan E ditemukan dalam makanan ini, yang juga bisa meningkatkan pembelahan sel serta meningkatkan peluang produksi ovum yang sehat.

UNTUK PRIA

Buah segar. Ini merupakan pilihan terbaik bagi pria yang ingin meningkatkan kehebatan mereka. Kandungan vitamin C yang tinggi amat membantu mencegah sperma menggumpal — menjamin potensi dan meningkatkan kualitas sperma. Tingkatkan pasokan gizi harian Anda dengan mengonsumsi kiwi, mangga, stroberi, atau grapefruit (sejenis jeruk).

Kacang Brazil. Kami tidak bercanda, makanan ini benar-benar bisa membantu meningkatkan jumlah sperma. Kaya akan selenium, kacang Brazil terkenal meningkatkan hormon testosteron serta kinerja testis Anda.

Bawang putih. Meski sering dicap sebagai obat pembunuh vampir, beberapa dosis bawang putih sebenarnya amat meningkatkan kesuburan Anda.

Minyak ikan. Salmon, mackerel, dan sarden bisa sangat membantu Anda menjadi sehat dan subur. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial (EFA) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi dan meningkatkan pembentukan kualitas sperma.

Cabe. Memakan masakan cabai benar-benar membuat gairah Anda meningkat, dengan cara apa pun! Dengan mempercepat aliran darah ke daerah reproduksi, cabe sangat bisa meningkatkan keampuhan produksi dan kualitas sperma Anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.