Minggu, 27 Mei 2012

Tips untuk tidur nyenyak malam ini

"Kamar Anda adalah 'tempat suci'," ujar Joseph M. Ojile, MD, anggota National Sleep Foundation dan pemilik Clayton Sleep Institute di St Louis, MO, seperti dilansir SELF akan membuka rahasia agar Anda dapat memiliki tidur yang nyenyak malam ini.
1. Gunakan Bantal dan Ranjang Yang Nyaman
Jangan pelit saat Anda harus membeli tempat tidur dan bantal. Dua benda tersebut adalah penopang 'hidup' Anda setiap hari dan menjadi penentu kualitas tidur yang Anda hasilkan. "Hal yang paling penting adalah menemukan peralatan tidur yang nyaman untuk Anda," ujar Dr. Ojile. Jika peralatan tidur Anda nyaman, maka tidur Anda juga akan nyaman.
2. Matikan Lampu
"Cahaya adalah stimulasi (pengganggu tidur) yang tinggi, bagi kebanyakan orang, mematikan lampu adalah salah satu cara untuk tidur nyenyak," ujar Dr. Ojile. Matikan lampu kamar Anda, atau jika Anda tak terbiasa tidur dalam gelap, buat cahaya yang redup. Perhatikan juga cahaya yang masuk melalui jendela kamar, atau pada jam dan perkakas lainnya yang juga dapat mengganggu tidur Anda.
3. Suasana Tenang
Tak perlu penjelasan panjang lebar, tempat yang tenang akan membuat tidur Anda nyenyak. "Suara berisik pada lingkungan dapat membuat banyak orang mengalami kesulitan tidur," lanjut Dr. Ojile.
4. Kamar Yang Sejuk
Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar mengalir dengan lancar, pastikan kamar Anda memiliki ventilasi udara (jika tidak memakai AC). "Panas akan membuat seseorang terjaga, dan udara yang sejuk akan membantu seseorang tidur nyenyak," ujar Dr. Ojile. Inilah alasan mengapa tidur Anda sering lebih nyenyak bila berkunjung ke kota yang dingin.
5. Rapi dan Bersih Itu Harus!
Tempat tidur Anda selayaknya bersih dan rapi, hanya ada bantal, guling, selimut dan bed cover. Buku, laptop, pakaian, pakaian kotor (eww..) dan semua hal yang tidak berhubungan dengan tidur tak seharusnya ada di atas tempat tidur Anda. Walaupun Anda mematikan lampu dan tak melihat benda-benda tersebut, tentu tidak nyaman tidur di antara buku dan leptop. Jauhkan juga handphone Anda dari tempat tidur!
Jika sudah begini, Anda bisa bermimpi indah malam ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.