Minggu, 06 Mei 2012

Industri Usaha Sekitar Internet

Dengan semakin marak-nya pengguna Internet di dunia maupun di Indonesia maka semakin menarik untuk berusaha dari rumah menggunakan Internet. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi memberikan sedikit pencerahan bagi teman-teman yang ingin berusaha di rumah menggunakan Internet.

Usaha di Infrastruktur Internet
  • Usaha yang paling sederhana yang telah berkembang sejak akhir abad ke 20 adalah Warung Internet (WARNET).
  • Dengan semakin murahnya peralatan WiFi, maupun temuan seperti Wajanbolic tampaknya pada hari ini usaha membangun RT/RT-net menjadi semakin marak. Investasi sebuah client RT/RW-net dapat di tekan sekitar Rp. 350.000 / client menjadikan sangat feasible bagi sebagian besar orang untuk berpartisipasi dalam memperoleh akses Internet murah. Referensi teknologi dapat di lihat di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Teknologi_RT/RW-net. Khusus untuk antenna Wajanbolic e-goen bisa di lihat di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Wajanbolic_e-goen.
  • Bagi mereka yang mempunyai jiwa “geek” akan dapat memasuki dunia yang lebih tangguh yaitu menginstalasi peralatan telepon menggunakan Internet atau lebih sering di kenal sebagai VoIP. Teknologi VoIP saat ini menjadi primadona terutama di perusahaan-perusahaan, apartemen, perkantoran untuk membangun PABX mereka maupun jaringan telepon ke kantor cabang. Referensi teknologi VoIP dapat di baca di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Internet_Telepon
  • Pada hari ini, cukup banyak perusahaan di Indonesia yang mulai memproduksi sendiri peralatan Internet Wireless, Mikrotik, VoIP, Antenna. Beberapa diantara-nya adalah http://www.ufoakses.co.id, http://www.mikrotik.co.id, http://www.itmn.co.id, http://www.simantap.com 
Aplikasi pembantu Usaha Kecil Menengah (UKM)
  • Salah satu yang membuat pusing kepala di usaha kecil menengah adalah mencari software yang siap pakai untuk accounting, point of sale, marketing, e-mail, agenda bersama, project manajemen, sukur-sukur dapat menjalankan fungsi yang kompleks seperti HR (Human Resource), ERP (Enterprise Resource Planning). Pada hari ini kita tidak perlu terlalu pusing karena sudah ada Distro Linux berbasis Ubuntu dengan nama SMEOnffLine yang sudah mencakup berbagai server yang di sebut di atas untuk keperluan Usaha Kecil Menengah / Small Medium Enterprise (SME). Distro SMEOnffLine dapat di ambil gratis di http://sourceforge.telkomspeedy.com/projects/smeonffline/
  • Bagi usaha kecil menengah terutama yang bergerak di bidang teknologi informasi dapat juga bekerjasama dengan SiMANTAP untuk menjual procuknya secara online. Situs SIMANTAP dapat di akses di http://www.simantap.com.
  • Teknik yang paling sederhana untuk berjualan di Internet adalah aktif di forum diskusi. Salah satu yang paling menarik di Indonesia adalah aktif di situs http://www.kaskus.us atau tepatnya di bagian forum jual beli http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=25. Dari keterangan Andrew Kaskus, pengalaman salah satu penjual yang aktif di kaskus ada yang dapat memutarkan uang Rp. 100 juta / minggu dari menjual kamera di Kaskus. Tentunya agar usaha anda langgeng, jangan pernah melakukan penipuan – karena sekali anda menipu akan susah di percaya oleh teman-teman selanjutnya.
  • Situs lain yang tidak kalah menarik untuk melakukan jual beli adalah http://www.bekas.com yang meliputi banyak barang. Mulai dari biro jasa, fashion, kesehatan, pertanian dan masih banyak lagi. Yang mungkin menarik untuk di simak dari informasi administrator bekas.com adalah pengakses situs bekas.com ternyata sebagian besar dari rumah 42%, dari kantor 33%, dari WARNET 21% dan dari HotSpot hanya 4%.
  • Teknik yang amat sangat sederhana sekali untuk berusaha di Internet adalah menggunakan Facebook untuk berdagang di Interent. Salah satu contoh yang menarik adalah Mba Nita istri dari Mas Wendi beliau saat ini aktif membantu PDE Kota Pekalongan. Melalui Facebook-nya beliau dapat menjual pakaian batik dengan pemasukan sampai Rp. 2 juta-an / bulan. Tekniknya sangat sederhana saja menggunakan fasilitas Wall untuk memberitahukan teman-teman jika ada barang yang baru. Tentu-nya kita harus menjaga kepercayaan pelanggan untuk dapat sukses di bisnis seperti ini, jangan pernah menipu dan memberikan barang berkualitas rendah karena akan mematikan usaha kita di kemudian hari.
Usaha Industri Kreatif / Multimedia / Software House.
  • Dunia Internet tentunya tidak berhenti sampai di menjual barang saja. Salah satu yang menarik untuk di simak terutama di tahun-tahun mendatang adalah permintaan untuk produk kreatif apakah itu berbentuk film, animasi, bahkan mungkin orderan dari Holiwood untuk subkontrak bagian dari film kartun mereka. Salah satu contoh industri animasi yang cukup konsisten di Indonesia adalah http://www.maingamestudio.com yang di motori oleh Andi dan Marlin. Mereka juga bermitra / berteman dengan teman-teman animator 3D yang menggunakan Blender yang berlokasi di Batam yang banyak mengerjakan pekerjaan animasi untuk studio film animasi di Holiwood Amerika Serikat.
  • Studio Game Online Indonesia yang tidak kalah gigih adalah AGATE Studio http://www.agatestudio.com yang di pimpin oleh teman-teman seperti Arief Widhiyasa. AGATE Studio termasuk salah satu pembuat game paling aktif di Indonesia.
  • Game online lain yang juga akan mewarnai Republik Indonesia adalah Nusantara Online. Informasi tentang Nusantara Online (NUSOL) dapat di lihat di http://www.nusantara-online.com. Ide dasar Game Nusantara Online adalah membuat game berbasis sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia, seperti, Majapahit, Mataram dll. Game ini masih dalam proses pembuatan, di harapkan bisa digunakan tidak lama lagi.
  • Kabar gembira bagi para peminat animasi 3D di Indonesia. Temen-temen di Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi (RISTEK) tampaknya akan mendukung / mendorong supaya tumbuh animasi 3D di Indonesia menggunakan Blender. Ada baiknya bagi mereka yang suka dengan industri kreatif terutama animasi untuk bergabung dengan teman-teman animator Blender dapat dilihat daftarnya di Daftar Komunitas Blender Indonesia di blenderindonesia.org atau tepatnya http://blenderindonesia.org/wiki/index.php/Wiki_Blender_Indonesia:Portal_komunitas.
  • Bagi teman-teman yang lebih suka untuk berkiprah / berkarya dengan menulis software. Akan lebih dahsyat hasilnya jika menggunakan bahasa pemrogramman Java. Pada saat ini teman-teman programmer Java sedang menikmati kehidupan yang sangat enak dengan gaji sekitar Rp. 8 juta / bulan. Komunitas Java programmer biasanya berkumpul di mailing list jug-indonesia@yahoogroups.com. Salah satu Yayasan yang sangat aktif dapat mengembangkan Java adalah Meruvian http://www.meruvian.org.
  • Tentunya semua yang di jelaskan di atas lumayan berat bagi sebagian besar orang Indonesia karena membutuhkan skill dan kemampuan organisasi yang tinggi. Bagi anda yang masih baru dan ingin masuk pertama kali ke dunia industri kreatif mungkin yang paling menarik adalah dunia fotografi. Salah satu panutan dunia fotografi di Indonesia adalah Fotografer.Net http://www.fotografer.net/ - kita bisa banyak belajar dari teman lain dari situs fotografer.net tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.