Minggu, 06 Mei 2012

Beberapa Tips Ber-Facebook

Icon Facebook
Hal yang tampaknya penting untuk kita ketahui dari Facebook, yaitu:
  • Facebook sangat berhati-hati dalam mengawasi perilaku penggunanya. Jika ada pengguna yang macam-macam maka Facebook tidak segan-segan untuk menutup account anda di Facebook.
  • Jika sampai account kita di banned / ditutup oleh Facebook, anda biasanya akan kesulitan untuk membuka-nya kembali.

Beberapa hal yang penting yang perlu dilakukan agar kehidupan kita di Facebook menjadi nyaman.
  • Jangan berusaha untuk mempunyai banyak teman! - kesalahan fatal bagi banyak pengguna Facebook pemula adalah berusaha mempunyai banyak sekali teman. Akhirnya secara sembarangan meng-add sebanyak mungkin orang agar menjadi teman. Bagi anda yang suka ngobrol pasti akan tahu, lebih enak ngobrol dengan banyak orang yang kenal satu lama lain, daripada ngobrol dengan banyak orang yang tidak kenal satu sama lain. Banyak teman tidak menjamin tempat anda menjadi enak, lebih enak kalau mempunyai sekelompok teman yang saling kenal satu sama lain.
  • Fokus pada kualitas pertemanan bukan kuantitas teman. Sejalan dengan saran di atas, sebaiknya kita memfokuskan FB untuk kualitas interaksi dengan teman-teman bukan mencari jumlah teman yang banyak. Teman banyak, tapi tidak dapat bercanda, tidak kenal secara mendalam, semua akan menjadikan pertemanan menjadi hambar.
  • Bertemanlah dengan orang yang benar-benar anda kenal. Anda berada di dunia Cyber yang kita tidak tahu hati orang lain. Sebaiknya berteman dengan orang yang benar-benar kita kenal saja. Jangan meng-approve semua permintaan teman tanpa kita kenali orangnya. Ada beberapa orang di Facebook yang memang hanya ingin mengeksploitasi keberadaan kita di FB. Contoh yang paling sederhana adalah untuk iklan barang, Multi Level Marketing dll.
  • Jangan pernah melakukan spamming / menyampah. Hati-hati dengan perilaku Spammer, Facebook sangat memonitor perilaku ini. Facebook juga tidak segan-segan untuk memblokir account seseorang yang berperilaku Spammer. Contoh perilaku Spammer, kita mengirimkan sebuah berita yang sama ke banyak teman sekaligus. Software Facebook akan mendeteksi hal ini, dan biasanya awalnya akan memberikan peringatan. Jika kita tetap melakukan hal tersebut, maka Facebook tidak segan-segan memblokir account kita. Sialnya – ucapan terima kasih yang sama ke banyak teman yang mengucapkan selamat ulang tahun akan di anggap Spam. Jangan membalas ucapan terima kasih ke satu-satu teman, ini akan di deteksi sebagai Spam oleh Facebook.
  • Jangan memposting foto / gambar / tulisan yang tidak senonoh. Facebook mempunyai fasilitas untuk melaporkan (reporting). Jika ada orang yang tidak suka akan gambar / foto / tulisan yang kita buat, maka si pembaca akan dapat mengklik fasilitas Report dan melaporkan tentang gambar / foto / tulisan yang kita buat tersebut ke Facebook – bukan mustahil tanpa di adili terlebih dulu, Facebook akan memblokir account kita di Facebook.
  • Tulisan di Wall / di Dinding akan di baca oleh banyak orang. Jangan pernah menulis hal-hal yang sifatnya pribadi di Wall karena orang banyak akan dapat membacanya. Jika kita ingin mengirimkan tulisan yang sifatnya pribadi ke seseorang, gunakan fasilitas message seperti e-mail supaya hanya orang yang dituju saja yang membacanya.
  • Status & Notes yang di sukai orang banyak. Image kita akan terbangun oleh status & tulisan Notes yang kita buat. Fungsi status & Notes lebih banyak untuk memberitahukan kepada khalayak / teman / fans akan apa yang sedang kita lakukan atau kita pikirkan. Ada baiknya membuat status yang bersifat “berita” yang menarik bagi banyak orang, semakin tinggi nilai beritanya maka semakin baik status tersebut. Tentu akan beda tanggap status “Gw lagi BT” dengan status “Indonesia akan lebih baik jika KPK dikuatkan secara hukum mengatasi badai yang sedang berlalu” atau “Sedang bertanding mewakili sekolah di Olimpiade Matematika”. Status kita akan dibaca oleh banyak sekali orang, mereka bahkan akan memberikan komentar pada status tersebut. Semakin baik Status maka semakin banyak orang yang memilih “Like” dan memberikan komentar pada status tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.