Selasa, 22 Mei 2012

Peringatan HARKITNAS Di Kab. Tanjung Jabung Barat

Kuala Tungkal, Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 104 tahun 2012, Pemkab Tanjung Jabung Barat menggelar upacara bendera di halaman kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (20/5). Bertindak selaku inspektur upacara Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Drs Agus Gunawan MH. Upacara diikuti seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Tanjab Barat, Wakil Ketua DPRD, jajaran Muspida beserta isteri, kepala SKPD, pejabat eselon III, Gabungan Organisasi Wanita Tanjab Barat, mahasiswa/i sekolah tinggi serta satuan TNI/Polri Tanjab Barat.

Hari Kebangkitan Nasional ke 104 tahun 2012 ini mengangkat tema “Dengan Semangat Kebangkitan Kita Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang Berkarakter, Damai dan Berdaya Saing, Menuju Masyarakat Sejahtera”. Dalam perjalanan sejarah nasional Indonesia, menunjukkan bahwa nasionalisme pada zaman penjajahan pada hakekatnya baru pada taraf ingin mempunyai negara yang bebas merdeka. Setelah merdeka, nasionalisme adalah manifestasi kesadaran bernegara yang tumbuh di negara merdeka diawali dengan revolusi melalui perjuangan bersenjata dan pembinaan wawasan nusantara.

Ketua Pengadilan Agama, Drs. Agus Gunawan, MH yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, Peringatan Harkitnas ke 104 menjadi penting apabila nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kejujuran dan nilai-nilai kebersamaan yang menjadi ciri keIndonesia-an kita yang telah dipelopori oleh para pendahulu kita melalui gerakan “Boedi Oetomo” tersebut dapat dijadikan suatu energi bagi langkah-langkah kedepan. Juga sekaligus menjadi renungan dan evaluasi, sejauh mana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi, tugas dan tanggungjawab perilaku masing-masing individu warganegara Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mudah-mudahan semangat Kebangkitan Nasional yang kita peringati pada tahun 2012 ini, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa dalam menjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan ke-Indonesia-an sejati,” pesannya.

Sumber : Tanjabarkab.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.