Kamis, 17 Mei 2012

Kebiasaan sehari hari yang dapat merusak tubuh

Kebanyakan orang yang memanfaatkan masa-masa hidup hanya dengan hal-hal yang menyenangkan seperti makan enak, gaya hidup yang tak sehat dan berdalih demi kelangsungan hidup (survival). Yang dampaknya bisa merusak diri sendiri, bahkan berisiko meninggal dengan cepat.

Setidaknya ada 9 kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak tubuh dan menghancurkan diri seperti dikutip LiveScience, Jumat (11/5/2012):

1. Makan Junk Food

Banyak orang yang bunuh diri hanya karena apa yang dia makan. Salah satunya karena penyakit jantung yang diklaim sebagai pembunuh nomor satu di negara-negara maju.

Neskipun beberapa diantaranya disebabkan faktor genetis, namun faktanya sebagian besar kematian akibat penyakit jantung disebabkan oleh sampah makanan yang sarat lemak dan gula dalam tubuh kita.

2. Merokok

Penyakit yang berkaitan dengan rokok merupakan pembunuh yang sebenarnya paling bisa dicegah.

Hanya dengan satu batang rokok saja, tekanan darah bisa naik dan menurunkan sirkulasi darah ke kaki dan tanga.

3. Menonton TV

Tak hanya menghibur, TV juga membuat orang bermalas-malasan di sofa selama berjam-jam. Jika diakumulasi, rata-rata orang Amerika menghabiskan waktu 9 tahun selama hidupnya hanya untuk terpaku di depan TV, padahal tahun-tahun itu bisa saja dihabiskan untuk berolahraga.

Banyak duduk dan makan di depan TV juga menyebabkan obesitas sehingga kombinasi ketiga hal ini akan semakin mempercepat proses perusakan diri Anda, meskipun mungkin Anda akan menjadi lebih pintar dengan berdalih menonton saluran-saluran sains.

4. Stres

Menciptakan lebih banyak stres atau tekanan dalam hidup Anda adalah cara luar biasa untuk mengundang seluruh jenis penyakit datang ke tubuh Anda.

Ketika Anda mengalami stres kronis, kelenjar adrenalin dipaksa untuk kerja lembur hingga akhirnya kelenjar itu lelah dengan sendirinya dan menghambat sistem kekebalan tubuh.

Jadi jika Anda ingin merusak diri sendiri, khawatirkan berbagai hal, baik sepele maupun tidak, dan Anda takkan tahu apa yang akan Anda alami nanti!

5. Banyak Minum Alkohol

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sesekali minum alkohol, terutama anggur dapat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Namun jika Anda minum lebih dari batasan dua gelas per hari hingga lebih maka hal itu bisa menyebabkan kerusakan hati, diabetes dan menjadi penyebab kasus hampir 100.000 kematian tiap tahunnya.

6. Banyak Mengemudi

Ternyata mengemudi membunuh lebih banyak orang berusia 1-35 tahun dari apapun dan statistik itu hanya bisa menurun jika semua orang hanya tinggal di rumah.

Namun jika Anda merasa fakta itu kurang menyenangkan, coba saja keluar rumah dan ngebut, kalau perlu mainkan ponsel Anda atau makan selama mengemudi dan jangan memakai sabuk pengaman. Jangan heran jika nanti Anda akan jadi bagian dari angka itu.

7. Melakukan Seks Berisiko

Kebanyakan orang setuju bahwa seks itu sendiri tidak begitu buruk. Orang yang pintar merusak dirinya sendiri tak menggunakan perlindungan saat berhubungan seksual, mengabaikan riwayat seksual pasangannya dan menghindari pemeriksaan medis tahunan.

Sebanyak 12 juta orang Amerika pun telah divonis mengidap penyakit menular seksual setiap tahunnya, bahkan banyak diantara korban-korbannya menjadi mandul.

8. Mengabaikan Dokter

Banyak orang setuju bahwa kesehatannya tak sebanding dengan waktu 30 menit yang dihabiskan untuk menemui dokter dan 526.000 menit yang diperlukan untuk latihan fisik sekali pertahun.

Pernyataan ini merupakan taktik jitu jika Anda ingin mengabaikan deteksi penyakit dini dan konsultasi medis yang sebenarnya sangat penting.

Jika tidak ingin mendengar dokter Anda memberitahukan tips merusak diri lainnya yang menurut Anda tidak sehat, lebih baik tak usah pergi sekalian.

9. Mengorbankan Jam Tidur

Kurang tidur (kurang dari 7-8 jam per malam) telah banyak dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes dan kanker.

Kelelahan mental juga menjadi faktor risiko besar bagi kecelakaan di kendaraan sama halnya dengan alkohol.

Coba bayangkan berapa banyak perilaku merusak diri yang telah Anda lakukan jika Anda tambahi dengan mengabaikan jam tidur?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.