Rabu, 16 Mei 2012

Jenis kosmetik yang harus dihindari wanita hamil

Ada beberapa kosmetik yang dilarang digunakan untuk wanita hamil. seperti dilansir Bella Sugar, produk-produk berikut ini dapat berpengaruh buruk bagi perkembangan janin. 

1. Obat Jerawat, Retinol & Asam Salisilat
Obat jerawat dan krim wajah yang mengandung retinol dan Asam Salisilat harus dihindari saat hamil. Kandungan obat jerawat diambil dari dosis yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan cacat lahir. Selain itu, produk yang dengan dosis rendah dari retinol dan asam salisilat juga tidak aman. Meskipun tidak membuat cacat lahir, namun kandungan tersebut mengandung vitamin A yang dapat berpengaruh buruk pada janin. Jika Anda berjerawat selama hamil, lakukanlah perawatan setelah Anda melahirkan untuk menjaga kesehatan sang bayi. 

2. Aroma Kosmetik yang Terlalu Menyengat
Kosmetik yang beraroma wangi seperti body lotion, parfum dan body spray dapat berpengaruh pada kandungan. Produk-produk yang mengandung parfum dapat meracuni kandungan. Untuk itu sebaiknya jauhi segala wewangian selama hamil. 

3. Produk Pemutih Kulit
Produk pencerah dan pemutih kulit mengandung bahan kimia yang disebut hydroquinone. Kandungan tersebut dapat mempengaruhi enzim dalam tubuh yang memproduksi melanin dan memblokir bahan alami yang dibutuhkan untuk jabang bayi. Selain itu, bahan sintetis yang ada di produk pemutih wajah dapat menyebabkan reaksi alergi dan harus dihindari saat hamil dan menyusui.

4. Manikur & Pedikur 
Jika Anda merawat kuku ketika hamil, pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik. Bahan kimia yang terdapat pada cat kuku, top coat, basecoat dan aseton dipercaya dapat berpengaruh pada kandungan jika terhirup. Sebuah studi menyatakan, pekerja salon yang bekerja di salon kuku rentan terhadap masalah kesehatan seperti bayi lahir meninggal, cacat lahir dan perkembangan yang terhambat. Jadi, pastikan ketika menggunakan produk-produk kuku tersebut Anda berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.