Minggu, 20 Mei 2012

Inilah cara mengantisipasi kemalingan Mobil

Mobil yang sudah dilengkapi dengan perangkat canggih anti maling pun kadang masih bisa dicuri. Jumlah kendaraan pribadi setiap hari semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, tapi juga dibarengi dengan naiknya jumlah aksi pencurian kendaraan.

Berikut 6 faktor yang patut anda perhatikan agar terhindar dari pencurian mobil :

Duplikat Kunci
Cara ini pencuri biasanya menduplikat kunci mobil anda, setelah melakukan pencurian di dalam rumah. Hal ini akan sangat berbahaya, apabila anda meninggalkan dokumen-dokumen penting di dalam mobil. Maka berhati-hatilah ketika anda berada di dalam rumah. Jangan lupa mengunci pintu ketika anda beristirahat di dalam rumah. Dan ketika anda sedang berada di belakang rumah, lebih baik, tutup dulu pintu depan rumah anda.

Parkir di Daerah Yang tidak Aman
Parkirlah mobil anda di tempat yang resmi, paling tidak ada petugas jaga atau petugas parkirnya. Jangan meninggalkan kendaraan anda di tempat yang sepi, yang justru akan memicu pelaku kejahatan untuk beraksi. Apalagi ketika menitipkan kendaraan anda di tempat penitipan, anda perlu mencari tempat penitipan yang berada di dalam ruangan tertutup dan terjamin keamanannya karena mungkin anda akan meninggalkan kendaraan anda untuk waktu yang cukup lama.

Kunci Pintu Mobil Dengan Rapat
Ketika anda meninggalkan mobil anda, pastikan seluruh pintu dalam keadaan terkunci dengan benar dan rapat. Dan jangan lupa untuk menutup jendela kaca mobil anda dengan rapat.

Hindari Penggunaan Valet Parking
Tips ini untuk mengurangi resiko apabila kemungkinan mobil anda dilarikan oleh petugas Valet Parking, atau digandakan kuncinya oleh petugas Valet Parking dan mencurinya saat lain kesempatan.

Jangan Meninggalkan Kunci
Apabila anda menghidupkan mesin sebentar saja, jangan sekali kali tinggalkan kunci di dalam mobil anda. Ini akan mempermudah pencuri membawa kabur mobil. Bawalah selalu kunci mobil anda meskipun anda meninggalkannya sebentar. Jangan lupa gunakan gantungan kunci yang cukup besar pada kunci mobil anda untuk mempermudah mencarinya ketika kunci tersebut jatuh ataupun terselip.

Gunakan GPS Tracker
Waktu yang dibutuhkan pencuri untuk melancarkan aksinya Cuma 60 detik saja (Sumber Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya). Dengan waktu Cuma 60 detik saja, pencuri bisa melumpuhkan sistem alarm, stir dan lain sebagainya. Dianjurkan bagi pemilik mobil untuk menambah alat pengaman mobil. Misalnya gunakan kunci rahasia dan menambahkan GPS Tracker. Dengan GPS anda dapat sewaktu waktu memonitor mobil anda.

Itulah sekit ips dari saya untuk sobat semua. Jika ada yang ditanyakan, silahkan layangkan pertanyaan sobat melalui kotak komentar di bawah ini.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.