Kamis, 17 Mei 2012

Facebook menaklukkan dunia? ini dia kisah dibalik kesuksesan Facebook

Mark Zuckerburg merupakan tokoh penting di balik keberhasilan Facebook. Pemuda yang lahir pada tanggal 14 Mei 1984 ini mencintai komputer dan programming semenjak kecil. Menurut rediff.com, Mark mulai membuat software saat duduk di bangku sekolah menengah. Pada tanggal 28 Oktober 2003, Mark, dan tiga teman sekelasnya membangun sebuah situs yang pada awalnya disebut Facemash. Inilah cikal bakal lahirnya sebuah situs jejaring sosial terbesar.
Mark menulis software untuk situs Facemash, ketika ia menjalani tahun keduanya di universitas. Ternyata alasan utama pembuatannya karena terinspirasi selera humor Mark. Tentu saja situs ini awalnya ditujukan hanya untuk mahasiswa kampusnya. Pengguna situs bisa membandingkan dua gambar mahasiswa dari sisi ke sisi. Kemudian mereka dapat memilih mana yang terbaik dan yang tidak. Namun, banyak mahasiswa yang komplain sebab foto mereka digunakan tanpa izin. Mark meminta maaf atas kejadian itu dan menyadari tentang potensi besar dalam jaringan sosial.
Pada bulan Juni 2004, Facebook memindahkan basis operasi ke Palo Alto, California. Investor pertamanya merupakan pendiri PayPal, Peter Thiel. Pamor perusahaan ini semakin menanjak, setelah Microsoft dan Goldman Sachs ikut menyokong Facebook. Tahun 2011 Facebook telah mengumpulkan dana sebanyak USD 2,36 miliar.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari iklan. Berdasarkan rediff.com, Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook untuk melayani iklan banner. Oleh karena itu, Facebook hanya melayani iklan yang disediakan oleh Microsoft.
Marjin laba Facebook diperkirakan akan mencapai 50 % pada tahun-tahun ini. Tahun 2010 Facebook panen untung USD 1,86 juta dari pendapatan iklan. Omset diprediksi akan terus naik hingga USD 5,74 juta pada tahun 2012. Peningkatan jumlah pengguna dan pendapatan Facebook mendongkrak posisinya untuk bersaing dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Google dan Apple, seperti yang dikutip di socialtimes.com.
Facebook telah mengajukan initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana senilai USD 5 juta. Itu membuat Facebook menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam sejarah teknologi dan internet. Saking suksesnya, Facebook bahkan menjadi sebuah gaya hidup baru. Situs jejaring sosial ini menawarkan prospek baru untuk promosi diri dan bisnis. Terlebih lagi, Facebook menjadi standar baru untuk menilai eksistensi sosial.
Facebook telah menaklukan dunia?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.