Rabu, 16 Mei 2012

Ciri ciri tubuh anda perlu untuk diistrahatkan

Dalam kondisi tertentu tubuh manusia harus diistirahatkan (tidur) karena untuk menjaga metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Hal ini berarti bahwa Tidur sama pentingnya seperti makanan untuk kelangsungan hidup. Akan tetapi, karena gaya hidup dan tingkat kesibukan tinggi, kita lebih sering mengorbankan waktu tidur demi menyelesaikan pekerjaan atau bermain.
Menurut Dr Mary Susan Esther, Presiden American Academy of Sleep Medicine, kekurangan tidur yang kronik (berlangsung lebih dari tiga minggu) akan berdampak pada kesehatan. 

Bukan hanya kelelahan dan kurang konsentrasi, tetapi juga tekanan darah tinggi, depresi, gangguan hormon, menurunnya sistem imun, serta gangguan memori.
Jadi, mulai sekarang sudahkah Anda memiliki durasi dan kualitas tidur yang baik? Sebagai indikatornya anda bisa mengecek kondisi tubuh anda apakah memiliki kondisi sebagai berikut:
1. Tidak lapar saat makan siang

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Kurang tidur akan membuat tubuh secara konstan ingin selalu makan atau justru merasa perut selalu kenyang. Hal ini terjadi karena kurang tidur mengganggu jam biologis yang berpengaruh pada rasa lapar dan kenyang. Ini sebabnya mengapa ada orang-orang yang jadi gemuk atau kurus selama periode kurang tidur.


2. Kurang konsenstrasi
konsentrasi sangat penting bagi kita agar kita bisa focus dalam melakukan sesuatu. Apalagi bagi para siswa yang sedang belajar. Bila anda kurang tidur, maka akan menurunkan tingkat konsentrasi anda. Sebagai contoh sederhana Perhatikan apakah hari ini Anda membuka tiga situs berbeda dalam waktu 5 menit atau berganti-ganti bacaan. Kalau ya berarti anda mengalami penurunan tingkat konsentrasi

3. Pelupa
Sifat pelupa belum tentu dipengaruhi oleh factor usia. Kurang istirahat/ tidur juga biosa menyebabkan diri kita menjadi pelupa. Perlu diketahui bahwa Otak memerlukan waktu tidur untuk menyegarkan dan memperbarui diri. Tanpa hal itu, gangguan memori jangka pendek pasti terjadi.

4. "Enggak nyambung"

Bila anda kurang tidur maka akan berakibat otak seakan "mampet". Dan hal ini akan berimbas anda mungkin tidak nyambung ketika diajak berbicara oleh teman anda. Kejadian semacam ini banyak sering dialami penderita insomnia kronis.

5. Malas
Bila akhir-akhir ini Anda merasa malas saat meeting atau duduk di belakang meja, barangkali penyebabnya bukan karena bosan pada pekerjaan, tetapi karena Anda kurang tidur. Jadi perhatikan betul kondisi anda ketika di kantor atau tempat aktifitas harian anda.

6. Tak enak badan
Seperti yang dijelaskan diatas bahwa tubuh memiliki system yang super canggih. Dan semua berjalan secara otomatis. Sistem kekebalan tubuh akan diperbaiki dan menjadi kuat kembali saat kita tertidur. Karena itu, mereka yang hobi begadang biasanya lebih mudah terserang flu atau masuk angin. Perkuat sistem imun dengan cara sederhana, tidur 7-8 jam setiap malam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.