Jumat, 18 Mei 2012

6 Tips dan trik melamar beasiswa

Tidak ada formula ajaib dalam urusan melamar dan menerima beasiswa. Tapi beberapa kiat ini bisa membantumu pada jalur yang benar.
1. Teratur
Utamakan tenggat waktu, kumpulkan semua dokumen yang kamu butuhkan, dan buat salinan dari semua beasiswa yang kamu lamar. Situs Collegeanswer, Selasa (6/12/20011) melansir, mengirimkan email lamaran beasiswamu dari penyedia email tersertifikasi adalah ide bagus. Dengan begitu, kamu akan selalu menerima laporan email yang kamu kirim.
2. Jujur
Jangan melebih-lebihkan nilai-nilaimu, keanggotaanmu pada kelompok atau organisasi tertentu, keahlian, ataupun kualifikasimu. Lebih baik kamu fokus pada program beasiswa yang kriterianya sesuai dengan yang kamu miliki.
3. Ikuti instruksi
Beberapa program beasiswa mengharuskanmu menulis esai, program lain mungkin mewajibkan surat rekomendasi. Kirimkan apa yang mereka syaratkan dan pastikan kamu mengecek kembali semuanya. Hati-hati, kesalahan pengetikan ataupun syarat yang kurang bisa menghilangkan kesempatanmu meraih sebuah beasiswa.
4. Koreksi lamaranmu
Jangan malas mereview kembali semua dokumen yang kamu lampirkan dalam aplikasi beasiswamu. Koreksi kembali esai atau surat rekomendasi, jangan sampai ada kesalahan ketik sekecil pun. Kamu juga bisa meminta bantuan orangtua, teman, atau dosenmu dalam tahap pengecekan ini.
5. Buat salinan
Pastikan kamu menyimpan salinan semua lamaran yang kamu kirim. Jika aplikasimu hilang dalam perjalanan, salinan tersebut akan membantumu mengirimkan ulang aplikasi lebih cepat.
6. Gunakan email teregistrasi
Supaya aman, kirimkan aplikasimu menggunakan email terdaftar. Banyak lembaga pemberi beasiswa tidak memberikan tanda terima aplikasi yang kamu kirimkan. Jadi, pertimbangkanlah untuk mengirim aplikasi beasiswamu menggunakan layanan email terdaftar, sehingga kamu mengetahui bahwa aplikasimu sampai ke tujuannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.