Kamis, 17 Mei 2012

4 langkah untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari

Noda hitam, kerutan, penuaan dini, sampai kanker kulit merupakan gangguan kulit yang disebabkan sengatan sinar ultraviolet. Efek sinar ini memang tak langsung terasa. Jadi sebelum Anda menyesal, sebaiknya lindungi kulit dengan beberapa langkah mudah ini.

Atur Jadwal
Sebaiknya atur jadwal Anda baik-baik. Usahakan tidak banyak terpapar sinar matahari di luar ruang. Sinar antara pukul 10-16 berdampak kurang baik bagi kulit.

Gunakan kendaraan yang tertutup jika bepergian pada siang hari. Pilih tempat-tempat pertemuan di dalam ruang jika akan bertemu teman atau klien pada jam-jam tersebut. Perlu diingat, cuaca mendung bukan berarti bebas sinar UV. Gunakan perlindungan semaksimal mungkin agar terhindar dari efek kurang baik.

Payung
Jika paparan sinar matahari siang tidak bisa dihindari, maka langkah selanjutnya adalah mengurangi risiko. Gunakan payung yang memiliki perlindungan sinar UV jika matahari bersinar terik. Lindungi kulit wajah dan bagian tubuh lainnya sebisa mungkin. Pilih payung yang menarik dan ringan agar tidak membuat Anda malas membawanya.

Pakaian dan aksesori
Harus survei lapangan? Pilih pakaian yang bisa menutupi tubuh dari sinar matahari. Kenakan pakaian berlengan panjang yang bisa melindungi tubuh dari terik yang menyengat. Jangan kenakan rok atau celana pendek saat akan beraktivitas di luar pada siang hari atau mengendarai motor pada saat panas terik.

Selain membuat penampilan Anda lebih menarik, penggunaan aksesori juga bisa membantu melindungi tubuh dari sengatan sinar UV. Topi lebar, kacamata hitam, sampai scarf bisa menambah perlindungan pada bagian wajah, mata, leher, dan sekitarnya.

Kacamata hitam selain melindungi mata juga efektif mencegah kerutan dini pada mata karena terlalu sering mengerut pada saat silau dan panas. Gunakan kaus kaki jika menggunakan sepatu terbuka saat berjalan kaki di panas terik. Malas menggunakan kaus kaki bisa membuat kaki Anda terdapat “cetakan garis sepatu” karena perbedaan warna kulit akibat sengatan matahari.

Perawatan
Salah satu perlindungan bagi kulit yang efektif adalah krim tabir surya atau sunblock. Pastikan setidaknya krim yang Anda beli memiliki SPF minimal 15. Gunakan pada bagian wajah dan tubuh. Perlu diingat, umumnya krim tabir surya untuk bagian wajah tidak sama dengan tubuh. Masing-masing area memiliki kebutuhan dan sensitivitas yang bervariasi.

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Tak ada salahnya berinvestasi lebih untuk melindungi kulit dari sinar UV daripada harus memperbaiki kerusakannya di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.