Sabtu, 05 Mei 2012

Stop! Teman anda di facebook sudah terlalu banyak

Ternyata memiliki terlalu banyak teman di facebook buruk untuk kondisi mental Anda. Memang Facebook menyenangkan untuk dibuka, tapi bagaimana jika News Feed dari teman-teman Anda malah membuat Anda depresi?

Dalam sebuah studi terbaru para penelitinya mengadakan survey kepada pengguna Facebook rentang umur 18-65 tahun. Para pengguna Facebook ini diminta untuk membaca status-status teman-temannya. Hasilnya para pengguna Facebook ini mencapai sebuah kesimpulan bahwa hidup mereka lebih menyedihkan daripada teman-teman mereka ini. Dan angka 354 sebagai jumlah teman di Facebook merupakan titik puncak sebelum seorang pengguna Facebook menjadi tertekan karena hidup mereka dirasa kurang memuaskan. Hmm…kenapa ya?
Alasannya ternyata, kita mengukur kesuksesan kita sendiri dengan membandingkan dengan teman sebaya kita. “Masalahnya Facebook memberi sudut pandang yang sempit terhadap hidup teman kita. Sebuah sudut pandang positif yang salah.” ujar Dilney Goncalves. Semakin banyak teman Anda, maka ada kemungkinan Anda akan semakin tertekan saat mengetahui teman Anda sedang berlibur di tempat eksotis, mendapat pacar baru, atau mendapat promosi jabatan.
Goncalves menyarankan agar Anda menyaring apa yang muncul pada News Feed Anda. Unsubscribe News Feed dari orang-orang yang suka pamer (karena Facebook cenderung menyebabkan narsisme), atau orang-orang yang Anda kenal hanya sekadarnya seperti dokter Anda, atau rekan kerja.
Facebook diciptakan untuk rekreasi, bukan penyebab depresi.  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.