Jumat, 18 Mei 2012

Beberapa tips sehat bagi para perokok

Tips kesehatan untuk perokok sudah dipasti diawali dengan membiasakan asupan gizi yang seimbang. Asupan gizi ini bertujuan untuk memelihara daya tahan tubuh, karena inti utama kesehatan tersebut sebenarnya adalah daya imunitas tubuh. Jika ada serangan kuman penyakit namun daya tahan tubuh kita bagus, maka kuman tersebut akan dikarantina dalam tubuh dan bersifat pasif. Karena daya tahan tubuh seorang perokok bekerja sangat keras untuk melawan serangan bahan kimia yang berasal dari asap rokok, maka tubuh perlu pendukung agar tetap seimbang yaitu gizi.

Tubuh manusia sebenarnya memiliki kekuatan defensif yang luar biasa dan kemampuan yang lebih menakjubkan untuk beradaptasi dengan gizi buruk. Namun dengan paparan rokok setiap hari, tubuh Anda juga bisa mengalami kewalahan. Terlalu banyak sampah rokok di dalam tubuh, untuk membersihkannya Anda membutuhkan vitamin C. Vitamin C mengandung antioksidan yang mampu membersihkan tubuh dari zat kimia yang ada pada rokok, selain itu juga berkhasiat untuk melawan berbagai jenis kanker. Vitamin C juga penting buat menyembuhkan luka, menyehatkan tulang, gigi serta gusi, sementara seorang perokok berat sangat rentan terhadap penyakit gusi.
Selain vitamin C, vitamin A, D dan E juga penting. Vitamin A penting untuk antioksidan yang bekerja sama dengan vitamin C serta vitamin E untuk membersihkan sampah rokok. Sementara vitamin D berguna untuk tulang, gigi dan gusi. Untuk itu, asupan makanan perokok harus memenuhi zat tersebut selain juga dengan diet makanan yang seimbang seperti protein, karbohidrat serta lemak.

Gigi adalah organ yang paling menunjukan apakah Anda seorang perokok atau tidak. Nikotin yang ada dalam rokok bisa membuat warna kekuningan pada gigi, untuk itu Anda harus melakukan perawatan gigi setidaknya rajin menggosok gigi. Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga kesehatan gusi serta mulut sehingga terhindar dari bau mulut.

Olah raga juga merupakan tips kesehatan penting bagi perokok. Merokok bisa mempengaruhi berbagai organ serta system tubuh, seperti system pernapasan, jantung, peredaran darah, mata dan penglihatan, mulut, kelamin serta reproduksi. Olah raga bisa memberi perlindungan bagi beberapa organ tubuh dengan memperlancar peredaran darah serta mempercepat pembakaran kalori. Mengambil latihan ringan secara teratur, misalnya jalan kaki dalam waktu satu jam sehari bisa cukup membantu perokok. Sertai dengan konsumsi air putih yang cukup untuk membantu proses dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.