Rabu, 18 April 2012

Seni Tari Tradisional Dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat

1. TARI TUGAL

 
Tarian ini mengangkat adat kebiasaan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat dimana pada masa lalu masyarakatnya bercocok tanam, membuka lahan dengan cara “MENUGAL” kebiasaan tersebut dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat dan juga muda mudinya tanpa mengharapkan imbalan atau bayaran. Mereka bergotong royong dari satu lahan ke lahan yang lainnya secara bergantian. Mereka bekerja dengan cara kaum laki-laki membuat lonag-lobang kecil ditanah dengan alat yang di sebut “TUGAL” dan kaum perempuan memasukkan benih padi kedalam lobang tersebut.
Sebelum berangkat kelahan yang digarap, seperti biasa kaum perempuan menyiapkan segala sesuatunya untuk berangkat ketempat kerja, salah satunya menyiapkan hidangan makanan, begitu tiba di tempat lahan yang akan digarap, terlebih dahulu mereka menyantap hidangan yang telah disediakan, setelah itu barulah mulai bekerja menggarap lahan secara bersama-sama dan jika telah selesai bekerja para muda mudi biasanya bersenda gurau sambil bernyanyi dan menari, maka tak jarang dari kegiatan ini banyak muda mudi menemukan jodohnya.

2. TARI BABIDUK

 
Latar Belakang Sejarah 
Babiduk adalah dari kata BA berasal dari awalan “Ber” BIDUK berasal dari kata “Perahu” menurut bahasa melayu setempat arti dari BABIDUK adalah “BERPERAHU”, Babiduk ini sekarang biasa kita sebut dengan perahu (sampan). Babiduk adalah sebagai alat transportasi bagi para nelayan di sepanjang sungai Pengabuan terutama dibagian huluan sungai ini, dalam mencari mata pencahariannya sehari-hari sudah menjadi kebiasaan setiap pagi pemuda-pemuda di daerah tanjab barat ini mendayung perahu disepanjang sungai , sedangkan pemudinya menunggu didaratan atau di persawahan sambil bercocok tanam, setelah pemuda selesai dengan pekerjaannya mencari ikan pada siang hari atau sore harinya pemuda menaiki daratan yang telah di tunggu oleh pemudi-pemudinya sambil menari dan menyanyi serta berseloko.

Pelaksanaan  Tarian Babiduk
Tarian Babiduk ini di tampilkan pada acara perkawinan, acara panen raya, acara hari-hari besar nasional dan acara adat yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat maupun masyarakat setempat. Jumlah dari tarian babiduk ini tak terbatas yang penting terdiri dari pria dan wanita dengan cara para lelaki mengelilingi wanita sambil menari dan melagukan nyanyian babiduk oi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.