Selasa, 03 April 2012

Kapan Waktu Yang Tepat Memberikan Mainan Kepada Sang Anak






Mainan Anak – Anak-anak merupakan masa bermain, melalui permainan yang dialaminya mereka akan membentuk karakter dan kepribadian, sehingga kini banyak pakar menganjurkan untuk menanamkan nilai moral dan mengajak belajar untuk sang anak harus di konversi atau dilakukan melalui permaian.

Kini, di era modern kecenderungan para orang tua membiarkan anaknya dalam memilih mainan dan permainannya, mereka (para orang tua) lebih memilih masalah pembiayaan dan bagaimana membeli mainan untuk sanga anak. Pada  sangat penting untuk mengawasi mainan apa saja yang baik untuk sang anak.

Lalu kapan Pemberian mainan anak perempuan maupun laki-laki dapat diberikan, jawabannya adalah sedini mungkin.  Yaitu sejak batita, sodori anak mainan anak perempuan maupun laki-laki sesui umurnya dan kedua mainan tersebut harus yang mengandung edukatif dan sesui umurnya.

Dgn aneka jenis permainan baik dgn mainan edukatif ataupun bukan. Pemberian anak usia dini berdasarkan karena perkembangan otak anak di usia ini masuk dalam fase emas (the golden age) atau otak si kecil sedang mengalami perkembangan yg sangat pesat. Oleh karena itu, stimulasi amat dibutuhkan. Semakin banyak stimulasi maka koneksi antarsarafnya semakin banyak terhubung.

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam memberikan mainan kepada sang anak adalah:

Jenis Kelamin. Kita harus bisa memilih mana mainan untk anak laki-laki mana mainan anak perempuan. Misalkan anak laki-laki lebih cenderung memilih mainan yang bersifat ketangkasan, menantang, aktif, seperti mobil-mobilan maupun pistol-pistolan. Sedangkan maianan anak perempuan yang lebih lembut akan memilih boneka,alat-alat memasak yang berwarna-warni.

Umur sang Anak, kejelian dalam melihat masalah umur untuk menghindari tingkat kejenuhan, mainan anak perempuan untuk usia 1 tahun tentu berbeda dengan mainan anak perempuan untuk usia 5 tahun. Begitu pun sebaliknya untuk anak laki-laki, jangan lupa untuk memperhtikan masalah keamanan untuk sang anak

Sesuai bakat, ada baiknya anda melihat pola dan tingkah laku sang anak dalam memilih aneka maianan, dengan kejelian orangtua dalam memilih mainan untuk anak diharapkan anak dapat berkembang kearah yang positif.


Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.