Rabu, 18 April 2012

Baju Bali Pria Madya (sedang)



Baju Bali – Untuk daerah yang mengadalkan sektor parawisata sebagai pendapatan mereka, tentunya penjualan souvenir tak bisa terpisahkan baik itu yang berupa kerajinan ukiran maupun busana, tak terkecuali untuk pulau bali, pulau yang mengandalkan sektor parawisata sebagai penghasilan utama penduduknya menjadikan penjualan souvenir sebagai lahan subur untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk anda yang pernah ke bali pastinya menemukan toko souvenir hampir disepanjang tempat-tempat wisata, salah satu yang di jual adalah busana. Dan busana yang paling banyak dicari adalalah busana khas bali.

Busana khas untuk setiap daerahnya memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri, dan itu semua tergantung pada jenis kegiatan, upacara, jenis kelamin dan status social mereka.

Sebut saja untuk baju bali pria pada umumnya terdiri dari Udeng (ikat kepala), Kain kampuh, Umpal (selendang pengikat), Kain wastra (kemben), Sabuk, Keris, Beragam ornamen perhiasan.Namun sering pula baju pria bali menggenkan baju kemeja, jas dan alas kaki sebagai pelengkap.

Berikut ini beberapa jenis baju bali pria:

Baju Bali Pria (payas) Gede / Agung, baju bali pria ini terdiri atas Destar, Keris, Kampuh + Umpal, Wastra lembaran, Sabuk, Alas kaki (optional) dan beberapa kelengkapan perhiasan diantaranya :Destar diganti dengan gelung / garuda mungkur, Rumbing / Anting-anting,Bebadong, Sesimping, Gelang kana, Gelang biasa, Gelang cokor, Ali-ali, Kain panjang disambung (lancingan)

Baju Bali Pria Jangkep / Lengkap, baju bali pria ini terdiri atas Destar, Kuaca (baju kemeja, lengan pendek, lengan panjang, jas), Kampuh + umpal, Wastra + lembaran, Sabuk, Alas kaki (optional), Keris (optional)

Baju Bali Pria Madya (sedang), baju bali pria ini biasanya terdiri dari Baju, Kampuh + umpal, Kain panjang, Sabuk, Alas kaki (optional) atau bisa juga terdiri atas Destar, Selempot, Kain panjang, Sabuk, Alas kaki (optional)

Baju Bali Pria Alit biasaya baju bali pria ini terdiri atas Baju (optional), Selempot, Wastra, Sabuk, Alas kaki (optional)

Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.